WAWASAN DAN TEKNOLOGI

TEORI LENGKAP RESISTOR

Halo sobat watek ..  gimana kabar nya nih?? , semoga dalam keadaan sehat dan bahagia ya sob..

Kembali lagi dengan mimin, di blok wawatekno, tempat kalian menemukan informasi menarik, dan pastinya mengedukasi kalian dengan wawasan. 
Sebelum kita masuk ke pembahasan, subscribe blog wawatekno ya sob, biar kalian gak ketinggalan informasi dan wawasan menarik lainnya. Okee.. langsung aja Check It Out..



1. FUNGSI DAN KEGUNAAN RESISTOR

Resistor secara umum memiliki fungsi yang sama dengan nama yang dimilikinya yakni resistor atau dalam bahasa Indonesia berarti penahan. Resistor sendiri ditemukan oleh Georg Simon Ohm, seorang ilmuwan asal jerman yang sangat terkenal. Georg Simon Ohm sendiri juga menemukan hukum dalam fisika yakni hukum ohm.

Resistor sendiri saat ini memiliki berbagai macam dan bentuk, hal tersebut terjadi karena berbagai macam kebutuhan yang diinginkan manusia untuk memodifikasi resistor untuk menunjang rangkaian elektronika yang manusia buat sob. Contohnya ada jenis variable resistor yang telah disebutkan di Jenis jenis resistor di dunia elektro . Nah, variable Resistor dengan berbagai jenis digunakan sebagai komponen untuk mengatur kuat arus yang akan mengalir pada suatu bagian komponen yang lainnya, bisa juga digunakan sebagai pembagi tegangan yang terdapat pada sensor tegangan atau sebagai resistor shunt/burden pada sensor arus. Bisa juga resistor dengan fungsi yang sama yakni sebagai hambatan namun penggunaannya digunakan sebagai sensor seperti LDR, NTC,dan PTC yang juga disebutkan secara singkat di Jenis jenis resistor di dunia elektro.

2. HUBUNGAN HUKUM OHM DENGAN KARAKTERISTIK RESISTOR

Ya.. Georg Simon Ohm merupakan penemu besar di dunia elektro. Beliau menemukan resistor dan juga menemukan hukum Ohm. Banyak sekali karya tulis yang di temukan. Dia menjelaskan bahwa kuat arus listrik berbanding lurus dengan luas penampang penghantar dan berbanding terbalik dengan panjang penghantar . Atau bisa juga dikatakan bahwa besarnya resistansi/tahanan yang menahan arus berbanding lurus dengan panjang penghantar dan berbanding terbanding terbalik dengan luar penampang, oleh karena itu didapatkan rumus sebagai berikut :

Nah, Selain itu hukum ohm juga mengatakan bahwa besar arus listrik yang mengalir melalui suatu penghantar selalu berbanding lurus dengan tegangan yang diterapkan padanya, kemudian ohm memfokuskan teori yang dibuatnya kedalam domain hambatan, sehingga secara ringkasnya tersaji dalam rumus dibawah ini :

Baca juga : 5 TIPS HEBAT BUAT LANCAR KULIAH

Sehingga, suatu hambatan(resistor) adalah besarnya nilai tegangan yang dibagi oleh kuat arus yang mengalir hambatan itu sendiri. Pada kondisi nyata dalam suatu rangkaian, resistor memiliki karakteristik linieritas resistor. Linier berarti apabila resistor diberikan tegangan sehingga arus listrik mengalir pada resistor, maka jika diambil data pengujiannya akan terlihat bahwa grafik pengujian akan naik secara linier, seperti terlihat pada gambar berikut :

Kemudian, apabila ditelaah dan di otak atik menggunakan ilmu matematika secara benar, maka didapatkan rumusan yang sangat hebat sebagai dasar/pondasi yang mencakup hampir semua pemanfaatan ilmu elektro baik arus kuat maupun arus lemah , yakni segitiga ohm. Segitiga ohm dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


Kemudian, dikembangkan lagi dan diolah lagi menjadi suatu rumusan yang mencakup hingga daya listrik , yakni lingkaran hukum ohm , sebagai berikut :



Rumus-rumus yang telah ada dan yang sudah dikembangkan oleh ohm ini, sampai sekarang pun masih menjadi dasar rumus bagi mereka yang ingin mendalami ilmu elektro maupun elektronika sob.. , jadi jangan sampai lupa ya sob dengan semua rumus-rumusnya.


Okee.. Sekian dulu postingan dari mimin.
semoga bermanfaat buat sobat watek semuanya..

Jangan lupa share dan subscribe biar orang lain dapat manfaat nya juga dan kalian gak ketinggalan wawasan berfaedah dari mimin..

KEYWORD SEARCH :
1. teori lengkap resistor
2. penjelasan lengkap resistor
3. pemahaman tentang resistor
4. lengkap tentang resistor
5. ilmu pengetahuan tentang resistor lengkap

TEORI LENGKAP RESISTOR TEORI LENGKAP RESISTOR Reviewed by IR MUHAMMAD ALWI on December 18, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.