WAWASAN DAN TEKNOLOGI

APA ITU VAKSIN ? - PENJELASAN TENTANG VAKSIN


Halo sobat watek ..  gimana kabar nya nih?? , semoga dalam keadaan sehat dan bahagia ya sob..

Kembali lagi dengan mimin, di blok wawatekno, tempat kalian menemukan informasi menarik, dan pastinya mengedukasi kalian dengan wawasan. 
Sebelum kita masuk ke pembahasan, subscribe blog wawatekno dan juga WAWATEKNO Channel, biar kalian gak ketinggalan informasi dan wawasan menarik lainnya. Okee.. langsung aja Check It Out..
 
 
 
Akhir-akhir ini kita sering mendengar kata vaksin, tapi tidak banyak yang mengerti apa itu vaksin sebenarnya. 
 
Namun apabila ditelusuri , ternyata kita sudah sering mendengar kata vaksin bahkan ketika kita masih kecil. Vaksin sendiri sudah seding diberikan kepada anak kecil atau balita untuk menjaga sistem imun mereka, terutama di Indonesia sendiri seperti itu gengs..
 
Apalagi para ibu ,pasti sudah sering mendengar kata vaksin kan ya..
 
tapi lagi lagi nih gengs.. masih banyak orang yang belum begitu memahami apa itu vaksin, bagaimana cara kerja vaksin itu, dan juga seberapa efektif kah vaksin untuk memperkuat sistem imun tubuh manusia itu gengs..
 
Salah satu hal yang pasti adalah vaksin merupakan salah satu perlindungan diri paling penting dan paling efektif terhadap penularan penyakit infeksi.
 
Setidaknya terdapat 25 jenis penyakit infeksi mematikan , seperti campak, polio, tetanus hingga kanker serviks, yang bisa dihindari dengan melalui pemberian vaksin ini guys...
 

Apa itu vaksin ? 

Pada dasarnya manusia telah mempunyai sistem imun yang berperan melawan organisme asing seperti contohnya virus, jamur, bakteri, dan parasit yang masuk ke dalam tubuh melalui berbagai macam saluran.

Namun, sistem imun yang dimiliki manusia mungkin saja tidak cukup siap untuk melawan jenis penyakit tertentu. Nah, disinilah vaksin memegang peranan penting untuk membantu sistem imun manusia untuk melawan suatu penyakit.

Vaksin merupakan zat yang terbuat dari mikroba penyebab penyakit untuk membantu tubuh kita membangun kekebalannya sendiri terhadap serangan penyakit tertentu.

Terkadang, mikroba dalam kansungan suatu vaksin adalah versi mati atau dilemahkan dari suatu virus atau mikroba ataupun bakteri. Terkadang pula, beberapa vaksin hanya mengandung sebagian dari kuman penyakit. Vaksin tertantu lainnya dapat terbuat dari racun atau protein yang biasanya diproduksi oleh kuman dan sudah dilemahkan.

 


Setela divaksinasi, maka tubuh anda akan mengembangkan kekebalan terhadap penyakit itu tanpa harus terpapar oleh biang penyakitnya secara langsung terlebih dahulu. 

Metode pemberian vaksin disebut dengan vaksinasi. Vaksinasi biasanya dilakukan di suatu rumah sakit, klinik, laboratirium atau terkadang juga puskesmas setempat.

 

Bagaimana cara kerja vaksin ?

 

 

Pasti banyak orang bertanya-tanya, bagaimana sih cara kerjanya vaksin sehingga dia bisa melindungi kita dari suatu penyakit kalau isinya adalah biang penyebab penyakit tersebut ?

Seperti yang telah aku jelaskan diatas ya guuys... mikroba yang terkandung dalam vaksin adalah versi yang sudah dilemahkan atau bahkan mati(inaktif), supaya tidak menyebabkan penyakit begitu saja masuk ke dalam tubuh kita.

Nah, cara kerja vaksin sendiri pada dasarnya adalah untuk melatih tubuh kita untuk menciptakan kekebalan baru terhadap suatu penyakit. Versi jinak dari agen penyebab penyakit yang ada dalam vaksin ini akan membantu tubuh kita mengenali versi jahatnya dan melatih sistem imun kita untuk melawannya.

Dalam tubuh kita, mikroba yang terkandung dalam vaksin ini akan berperan sebagai antigen. Antigen adalah zat yang dapat merangsang sistem imun untuk menghasilkan antibodi sebagai bentuk perlawanan terhadap suatu penyakit guys..

Nah, antibodi ini diproduksi oleh sel dalam sistem imun tubuh kita yang bernama limfosit.

Antibodi inilah yang nantinya melawan antigen dan memproteksi tubuh agar tidak mengalami infeksi virus atau bakteri.

Setela itu, banyak dari sel antibodi akan rusak. Namun karena sudah terlatih, sel-sel kekebalan akan tetao mengingat bagimana cara memproduksi antibodi secara spesifik tersebut ketika sewaktu-waktu siperlukan untuk melindungi tubuh kita.

Maka, ketika dikemudian hari anda terpapar oleh versi jahat dari biang penyebab penyakit yang sama, sistem imun tubuh kita sudah bisa mengenalinya dan memproduksi antibodi dengan cepat.

Sehingga antibodi akan menghancurkan antigen tersebut bahkan selum menyebar dan menyebabkan infeksi dalam tubuh kita guys..

 #wawatekno

Okee.. Sekian dulu postingan dari mimin.

semoga bermanfaat buat sobat watek semuanya..

Jangan lupa share dan subscribe biar orang lain dapat manfaat nya juga dan kalian gak ketinggalan wawasan berfaedah dari mimin..



 
APA ITU VAKSIN ? - PENJELASAN TENTANG VAKSIN APA ITU VAKSIN ? - PENJELASAN TENTANG VAKSIN Reviewed by IR MUHAMMAD ALWI on August 12, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.