WAWASAN DAN TEKNOLOGI

JENIS JENIS LAMPU DI DUNIA KELISTRIKAN

Halo sobat watek ..  gimana kabar nya nih?? , semoga dalam keadaan sehat dan bahagia ya sob..

Kembali lagi dengan mimin, di blok wawatekno, tempat kalian menemukan informasi menarik, dan pastinya mengedukasi kalian dengan wawasan. 
Sebelum kita masuk ke pembahasan, subscribe blog wawatekno dan juga WAWATEKNO Channel, biar kalian gak ketinggalan informasi dan wawasan menarik lainnya. Okee.. langsung aja Check It Out..


Lampu adalah teknologi yang sudah sangat lama ditemukan oleh ilmuwan, namun sampai sekarang pun teknologi teknologi ini benar benar sangat bermanfaat bahkan selalu dikembangkan terus dari tahun ketahun. Awalnya lampu ditemukan oleh... .Bayangkan saja jika lampu tidak pernah ditemukan sob hmm.. bakalan banyak banget kesulitan dalam melakukan aktifitas kita.

Namun, tahun demi tahun para engineer listrik terus mengembangkan teknologi lampu ini sob. Nah langsung aja kita ulas sob..!!

1. LAMPU PIJAR


2. LAMPU LED


Lampu LED atau Lampu Light Emitting Diode merupakan lampu yang membutuhkan sumber tegangan DC. Oleh karena itu lampu ini memiliki penyearah tegangan AC menjadi DC pada perangkat lampu LED. Lampu LED sendiri memanfaatkan Diode LED sebagai penghasil cahaya, dimana dioda LED merupakan keluarga dari semi konduktor yang memiliki efisiensi yang lebih tinggi dengan penggunaan daya yang lebih hemat dibandingkan dengan sumber cahaya dari komponen pasif seperti pada lampu pijar atau sumber cahaya berpendar seperti lampu fluorescent lamp.

3. LAMPU TL


Lampu TL atau Tubular Lamp atau Fluorescent Lamp merupakan lampu yang memanfaatkan efek pendar dari bahan kimia dalam tabung. Lampu ini memiliki tingkat cahaya yang lebih terang dibandingkan dengan lampu pijar namun memiliki daya pemakaian yang lebih besar. Selain itu, lampu ini memiliki hasil buang akibar pendaran bahan kimia didalam nya berupa karbon yang dapat mengikis lapisan ozon pada atmosfer bumi.

4. LAMPU LHE

Nah jenis jenis lampu diatas adalah jenis lampu yang dibagi berdasarkan nama lampu itu sendiri. Sedangkan, tentunya lampu juga memiliki perbedaan tingkat kecerahan atau dalam istilah teknik disebut lumen, sedangkan dalam istilah fisika biasanya menggunakan satuan candela. nah, oleh karena itu jenis jenis lampu yang dibagi berdasarkan tingkat kecerahaannya adalah sebagai berikut :

1. Bright

Sebuah lampu pada umumnya dikatakan sebagai lampu dalam jenis bright, apabila memiliki rentang kecerahan antara 2500 - 4000 lumen. lalu bagaimana jika sebuah lampu memiliki tingkat kecerahan dibawah 2500 - 4000 lumen , tentunya wawatekno disini akan menjelaskan jenis lampu yang kebanyakan terdapat dalam rumah rumah atau yang digunakan oleh kebanyakan masyarakat. Kemudian untuk lampu pijar (incandescent lamp) biasanya memiliki tingkat kecerahan dibawah bright ini sob. biasanya sekitar 500 - 2000 lumen saja sob.

2. Super Bright

Lampu Super Bright merupakan kelas lampu LED yang berada diatas lampu bright. Lampu yang memiliki daya dan tingkat lumeitas yang jauh lebih tinggi dari lampu bright ini jarang diketahui oleh masyarakat khusunya masyarakat di Indonesia. Namun, biasanya lampu super bright ini sering digunakan pada tempat tempat khusus seperti stadion , tetapi terkadang stadion juga menggunakan lampu Halogen.

3. Halogen

Lampu Halogen adalah lampu yang memanfaatkan pembakaran filamen wolfram sehingga menghasilkan cahaya yang divakum pada kaca tranparan yang yang sudah diisi oleh gas kimia berupa iodin ataupun bromin. Tentunya lampu Halogen ini lebih terang dari lampu TL dan memiliki efisiensi daya yang sedikit lebih baik dari lampu TL.


#wawatekno

Okee.. Sekian dulu postingan dari mimin.

semoga bermanfaat buat sobat watek semuanya..

Jangan lupa share dan subscribe biar orang lain dapat manfaat nya juga dan kalian gak ketinggalan wawasan berfaedah dari mimin..


JENIS JENIS LAMPU DI DUNIA KELISTRIKAN JENIS JENIS LAMPU DI DUNIA KELISTRIKAN Reviewed by IR MUHAMMAD ALWI on April 05, 2021 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.