WAWASAN DAN TEKNOLOGI

5 TIPS HEBAT BUAT LANCAR KULIAH

Halo sobat watek ..  gimana kabar nya nih?? , semoga dalam keadaan sehat dan bahagia ya sob..
Kembali lagi dengan mimin, di blok wawatekno, tempat kalian menemukan informasi menarik, dan pastinya mengedukasi kalian dengan wawasan. 
Sebelum kita masuk ke pembahasan, subscribe blog wawatekno ya sob, biar kalian gak ketinggalan informasi dan wawasan menarik lainnya. Okee.. langsung aja Check It Out..


Mimin tahu kok sob kalau kehidupan di kampus itu bener-bener keras. Bahkan banyak orang bilang bahwa kehidupan kampus adalah miniatur dari kerasnya hidup didunia nyata setelah kita lulus nanti. Pasti sobat watek yang sekarang lagi menjalani kuliah merasakan kehidupan kampus sendiri itu seperti apa bukan?? hehehe.. . Iya memang benar sih sob, karena di kampus itu kita tidak hanya mahir dan pintar dalam menerima pengetahuan yang dosen atau profesor berikan kepada kita, tapi kita juga dituntut untuk mengatur kehidupan kita, pergaulan kita, bersosialiasasi, menjaga kesehatan, kangen dengan keluarga, sampe mnegurus kebutuhan kita sendiri dengan sangat mandiri sob. Makanya banyak banget permasalahan yang bakalan kita hadapi selama menjalani kuliah sob.

Nah, disini mimin pengen berbagi sedikit tips hebat agar dapat membantu sobat watek buat dapat menjalani kehidupan perkuliahan, menghadapi permasalahan yang ada di kampus, dan membantu agar sobat watek lulus tepat waktu dan yang pasti lulus tidak hanya dengan menyandang gelas aja sob tapi juga membawa bekal ilmu dan pengalaman hardskill maupun softskill yang nantinya dapat sobat watek tuangkan di masyarakat maupun di dunia kerja... AAMIIN...

1. Bangun relasi dengan dosen dan kakak kelas


Membangun relasi yang kuat dengan dosen dan kakak kelas adalah point pertama yang mimin saranin buat sobat watek. Soalnya sobat watek bakalan dapatin banyak banget manfaat tersembunyi kalo sobat watek punya hubungan kuat dengan dosen dan juga kakak kelas.

Hubungan yang mimin maksud ini bukan hubungan asmara ya sob hehehe, melainkan kenal dengan benar-benar kenal juga cukup akrab dengan dosen maupun dengan kakak kelas. Kenapa sih min kok harus punya hubungan baik dengan dosen maupun dengan kakak kelas ?? . Karena ketika sobat watek mendapatkan kesulitan dalam menerima pengetahuan dari dosen, sobat watek dapat menanyakannya kepada kakak kelas sobat.

Kemudian, kalau sobat watek kenal dekat dengan dosen, biasanya dosen akan memberikan informasi-informasi khusus yang tidak diberikan kepada mahasiswa lainnya kepada sobat, gak itu aja sob biasanya sobat watek bisa dapat keringanan nilai dari dosen yang akrab dengan sobat watek seperti yang mimin alami dulu ketika kuliah.

2. Hentikan bermain-main ,Manage waktu sebaik mungkin


Hampir semua manusia mengatakan bahwa harta yang paling berharga dalam hidup semua manusia adalah waktu. Mimin sangat setuju sob dengan peryataan seperti itu. Apalagi jika disangkut paut kan dengan perkuliahan. Mimin sarankan buat sobat watek kalau sudah menjalani kehidupan perkuliahan, jangan pernah membuang-buang waktu selama menjalani kehidupan kampus dengan kegiatan yang kurang manfaat seperti nongkrong di kafe, jalan-jalan aja di mall atau di tempat hiburan, dan lain sebagainya.

Sebaiknya manfaat waktu sobat watek dengan belajar hal-hal lain di luar kuliah yang bisa membawa manfaat dan dampak positif buat sobat watek seperti mengikuti komunitas olahraga, atau komunitas perlombaan atau komunitas wirausaha dan lain sebagainya. Atau yang seperti mimin lakukan ketika kuliah dulu yaitu menjadi member laboratorium atau asisten lab. Selain mendapatkan fasilitas lab mimin juga mendapatkan pemasukan apabila ada projek atau riset dengan dosen, selain itu juga mimin juga dapat ilmu dan pengalaman sob.

3. Pilihlah teman dekat yang membawa manfaat baik bagi kamu

Manusia adalah mahluk sosial sob, jadi mau atau tidak mau dia harus memiliki hubungan dengan orang lain. Begitu juga di perkuliahan, sobat bakalan menemukan berbagai macam jenis karakteristik mahasiswa atau mahasiswi buat dijadikan teman sobat. Nah, sobat watek harus tahu nih bahwa cara menyikapi kehidupan kampus seorang mahasiswa sering dipengaruhi oleh seperti apa teman pergaulan mahasiswa tersebut.

Bahkan, cepat atau tidaknya seseorang lulus dalam kuliah sangat dipengaruhi oleh teman pergaulan kita sob, selain dengan kerja keras nya kita menyelesaikan skripsi yaa... . Hal ini juga mimin alami sendiri kok sob, karena mimin lebih memilih teman yang lebih giat dan pintar dalam belajar dan menyelesaikan tugas dari pada teman yang suka have fun tapi lupa akan tanggung jawabnya.

Namun, ingat ya sob, berbagai macam karakter teman teman kita, tetap jangan putuskan tali pertemanan dan persaudaraan karena memang mencari teman itu sulit banget sob, yang mudah itu mencari lawan.. hehehe. Tetap anggap teman kita itu sewajarnya saja meskipun dia mungkiin cukup merugikan kita atau malah mengganggu kita. Agak dijauhi saja namun jangan sampai membuat perasaan dia menjadi tersinggung.

Jadi, intinya pilihlah teman kuliah kamu dengan sebaik-baiknya, karena mimin jamin teman atau sahabat di perkuliahan itu seperti magnet yang membawa kita ke arah yang benar atau malah sebaliknya membawa ke jalan yang suram.


4. Hiduplah yang hemat ketika kuliah


Kehidupan kuliah memang keras sob, terutama dari sisi badget maupun keuangan. Uang kalau di kasih orang tua atau kita cari sendiri selama kuliah, belum aja 1 minggu udah langsung hilang tuh uang kalau tidak di hemat betul betul sob serius hehehe.. .

Sobat watek kurangin lah kegiatan yang kurang bermanfaat serta mengeluarkan banyak uang, seperti dikit-dikit beli make up, dikit-dikit beli jajanan viral, dikit-dikit beli kostum komunitas atau kostum kampus. Sebetulnya uang yang sobat simpan ini, nantinya bakalan berguna banget buat sobat watek ketika sobat watek menjadi mahasiswa tua. Sobat watek bakalan butuh biaya yang besar buat mengerjakan tugas akhir atau skripsi, belum lagi persiapan buat wisuda dan kerja nantinya tentu butuh biaya yang tidak murah sob. Mimin yakin sobat watek gak mau kan menjadi beban berat orang tua. nah... dengan menghemat uang sobat watek udah cukup meringankan beban orang tua sobat.

Meskipun sobat watek bekerja misalkan, tidak ada salahnya kok hidup hemat, siapa tahu dikemudian hari setelah akhir masa kuliah atau disaat semester tua sobat watek sedang terjadi masalah mendadak, nah.. sobat watek lebih bisa tertolong dengan uang tabungan sobat sendiri.

5. Jaga kesehatan dengan makan yang seimbang dan rutin berolahraga


Awal dari apapun usaha sobat watek, tentunya dimulai dari kesehatan sobat watek sendiri.. . Bagaimana bisa sobat watek dapat melalui setiap aktivitas kampus dan dapat menyelesaikannya kalau sobat watek tidak dalam kondisi prima dan dapat mengganggu kualitas kerja sobat.

Sobat watek bisa kok menjaga keseatan sobat selama menjalani kuliah dengan berolahraga di pagi hari. Gak usah terlalu lama berolahraga, cukup dengan berolahraga ringan seperti pemanasan selama 15 menit setiap harinya itu udah sangat membawa dampak positif bagi kesehatan sobat watek, karena itu dapat melancarkan peredaran darah dan metabolisme tubuh sob.

Atau sobat watek bisa juga pada hari libur atau akhir pekan berolahraga cukup berat seperti joging selama 30 menit atau push up dan sit up selama 15 menit  atau juga bisa mengajak teman teman kuliah untuk futsal.



Sekian dulu postingan dari mimin, semoga bermanfaat buat sobat watek semuanya..

Jangan lupa share dan subscribe biar orang lain dapat manfaat nya juga dan kalian gak ketinggalan wawasan berfaedah dari mimin..


5 TIPS HEBAT BUAT LANCAR KULIAH 5 TIPS HEBAT BUAT LANCAR KULIAH Reviewed by IR MUHAMMAD ALWI on December 14, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.