WAWASAN DAN TEKNOLOGI

6 HAL MENGUNTUNGKAN BUAT MENGISI WAKTU LIBUR KULIAH ATAU SEKOLAH KALIAN

Halo sobat watek ..  gimana kabar nya nih?? , semoga dalam keadaan sehat dan bahagia ya sob..

Kembali lagi dengan mimin, di blok wawatekno, tempat kalian menemukan informasi menarik, dan pastinya mengedukasi kalian dengan wawasan. 
Sebelum kita masuk ke pembahasan, subscribe blog wawatekno ya sob, biar kalian gak ketinggalan informasi dan wawasan menarik lainnya. Okee.. langsung aja Check It Out..



1. Mengajar Les Privat

Nambah uang jajan dengan ngajar, sepertinya menaril sob
Bagi sobat watek yang punya kelebihan dalam ilmu akademik dan mudah dalam menyampaiakan ilmu tersebut, gak ada salahnya sobat watek mengisi waktu liburan sobat watek dengan mengajar les privat. Selain secara pastinya dapat menambah uang jajan sobat, mengajar privat bisa sobat watek gunakan untuk mengasah softskill sobat dan juga dapat menambah wawasan baru mengenai pelajaran yang bakal sobat ajarin ke murid sobat. Jadi, bener-bener berfaedah banget deh kalo waktu liburan sobat diisi dengan mengajar privat.

2. Menjadi Penulis Lepas

Jadi penulis atau blogger kayak mimin juga enak sob
Bagi sobat watek yang punya hobi menulis atau punya kreatifitas dalam menyampaikan ide-ide sobat dalam bentuk tulisan, menjadi penulis adalah salah satu hal yang bisa dapat sobat watek lakukan buat mengisi waktu liburan sobat. 

Jaman sekarang menulis benar-benar seru sob, kalian bisa menuangkan ide-ide kalian, opini kalian tentang suatu hal, atau menulis informasi-informasi seputar kejadian yang viral saat ini di dalam platform manapun sob. Kalian bisa menulis melalui blogspot di google, atau wordpress, atau website sobat sendiri sob. Atau sobat watek juga bisa mendaftar di perusahaan-perusahaan swasta seperti koran atau majalah, biasanya mereka membutuhkan tenaga penulis lepas juga sob.

3. Menjadi SPG lepas atau Endorse

Daripada cantik-cantik nganggur di rumah, mending jadi SPG atau endorse
Menjadi SPG lepas udah sering dilakukan oleh mahasiswi-mahasiswi yang sedang menikmati masa liburan mereka sob. Lumayan sob kalian bisa dapat uang yang cukup besar kalau sobat jadi SPG lepas. Atau sobat yang punya Instagram yang banyak followernya bisa juga menawarkan jasa endorse pakaian, skincare atau bisa juga pernak pernik lainnya sob.

4. Memperbaiki Alat Elektronik 

kalau yang ini hobi mimin banget, lumayan bisa nambah uang jajan
Memperbaiki alat elektronik memang gak semua orang bisa sob, butuh skill dan pengalaman. Tapi bagi sobat watek yang udah punya skill, bakat atau pengalaman dalam memperbaiki suatu peralatan elektronik, sobat bisa kok menjadi reparator peralatan elektronik. Sobat bisa mencari-cari orang yang lagi butuh seorang reparator melalui internet atau kenalan sobat atau bisa juga tetangga sobat. Kalau mimin sih biasanya memperbaiki peralatan elektronik milik mimin sendiri, jadi lumayan bisa hemat biaya reparator soalnya diperbaiki sendiri.

BACA JUGA : TEORI LENGKAP TENTANG RESISTOR


5. Menjadi Fotografer Lepas

Udah hobi jadi fotografer, bisa dapat penghasilan lagi
Sobat watek hobi jadi fotografer?? , punya bakat dalam fotografi ? . wah..cocok tuh, sobat watek bisa mengasah hobi ini pas libur kuliah atau pas libur sekolah sob. Nanti hasil dari foto nya bisa sobat upload di blog nya sobat, kemudian kalau udah banyak follower atau subscribernya bisa aja ada yang mau endorse atau permintaan jasa foto lepas buat sobat. Lumayan tuh bisa buat tambahan uang jajan

6. Berwirausaha

Mulai aja berdagang atau usaha jasa, mumpung masih muda
Selain melakukan kegiatan-kegiatan yang telah mimin sebutkan sebelumnya, ini nih satu lagi yang gak kalah seru dan bermanfaatnya. Menjadi seorang pengusaha. Menjadi pengusaha atau enterpreneur gak harus bermodal besar sob. ingat, kata almarhum bob sadino (seorang pengusaha telur ayam sukses di Indonesia) " dalam berwirausaha tidak usah perlu banyak mikir, tidak usah mikirin modal besar bahkan kalian cuma perlu modal dengkul, kalau gak punya dengkul pinjam dengkul orang lain ".

Sob, pastinya menjadi seorang enterpreneur kalian bisa dapat uang ya pastinya, tapi jauh lebih dari itu sob, kalian bisa punya pengalaman bagaimana sih mengawali suatu usaha, bagaimana sih membuat usaha itu tumbuh, ilmu ini bener-bener mahal sob, dan jika usaha kalian sukses, wah.. itu malah bener-bener menguntungkan kalian sob. 

Ingat sob, di Indonesia ini mencari pekerjaan susah banget, dan daripada kalian bergantung pada pekerjaan karyawan, kalian harus mencoba menjadi seorang enterpreneur sob..

BACA JUGA : 5 TIPS HEBAT BUAT LANCAR KULIAH


Okee.. Sekian dulu postingan dari mimin.

semoga bermanfaat buat sobat watek semuanya..

Jangan lupa share dan subscribe biar orang lain dapat manfaat nya juga dan kalian gak ketinggalan wawasan berfaedah dari mimin..

Keyword Search :
6 HAL MENGUNTUNGKAN BUAT MENGISI WAKTU LIBUR KULIAH ATAU SEKOLAH KALIAN 6 HAL MENGUNTUNGKAN BUAT MENGISI WAKTU LIBUR KULIAH ATAU SEKOLAH KALIAN Reviewed by IR MUHAMMAD ALWI on December 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.