WAWASAN DAN TEKNOLOGI

PENTINGNYA MENGENAL SEJARAH

Halo sobat watek ..  gimana kabar nya nih?? , semoga dalam keadaan sehat dan bahagia ya sob..
Kembali lagi dengan mimin, di blok wawatekno, tempat kalian menemukan informasi menarik, dan pastinya mengedukasi kalian dengan wawasan. 
Sebelum kita masuk ke pembahasan, subscribe blog wawatekno ya sob, biar kalian gak ketinggalan informasi dan wawasan menarik lainnya. Okee.. langsung aja Check It Out..



Sejarah adalah hal yang penting banget sob buat seluruh ummat manusia, contohnya Indonesia gak akan pernah bisa mempertahankan kemerdekaannya sob kalo rakyat Indonesia itu sendiri, telah lupa akan nilai-nilai yang terkandung dalam semua sejarah usaha-usaha kemerdekaan Indonesia. Sampe-sampe presiden Indonesia yakni Ir. Sukarno mengatakan "Jas merah - Jangan Sekali  kali Melupakan Sejarah".

Banyak sekali istilah-istilah sejarah menurut berbagai pakar dan cendekiawan maupun sejarawan itu sendiri. Kata sejarah sendiri secara bahasa berasal dari bahasa arab yakni sajjaroh yang artinya pohon, sedangkan jika dilihat dalam bahasa arabnya sejarah adalah tarikh. Sedangkan tarikh dalam bahasa Indonesia lebih seperti waktu atau ikatan peristiwa... jangan bingung ya sob.. hehehe .. .

Banyak nih sob, pengertian sejarah, menurut berbagai cendekiawan dan sejarawan itu sendiri, seperti

  1. Sejarah menurut Sartono Kartodirdjo merupakan bentuk penggambaran kolektif di masa lalu, dan jika ingin mengungkapkannya dapat melalui aktualisasi atau pengamalan dan penetasan pengalaman dari masa lalu.
  2. Sejarah menurut Patrick Gardiner adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.
  3. Sejarah menurut Moh. Yamin adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.
Peristiwa yang telah terjadi di masa lampau, ditulis kembali atau dikenang kembali untuk dapat mengambil nilai-nilai yang terkandung di dalam peristiwa dimasa lampau tersebut yang disebut sebagai sejarah itu sendiri. Jadi, sejarah tidak hanya mencakup tentang peristiwa-peristiwa besar yang telah terjadi di suatu negara atau suatu daerah, tapi bisa juga dari perjalanan hidup suatu tokoh tertentu di masa lampau atau perjalanan hidup sobat watek sendiri...

Mengenal sejarah penting banget sob untuk diri sobat watek sendiri atau bahkan bagi bangsa Indonesa sendiri. Contohnya saja, sejarah awal mula terjadinya perang saudara di timur tengah khususnya di Suriah. 



Perang saudara di timur tengah, diawali oleh beberapa hal , antara lain :

  1. Invasi Amerika Serikat di timur tengah. Iya ,negara besar ini menjadi alasan kenapa perang tak kunjung usai di timur tengah. Alasan utama Amerika Serikat membombarbir negara timur tengah khususnya irak, adalah karena mereka ingin memberangus rezim saddam husain, namun ada juga pendapat kuat yang menyebutkan bahwa Amerika ingin mengusai jalur perdagangan minyak di Timur Tengah, karena Amerika adalah negara pemasok minyak bumi terbesar di dunia.
  2. Adanya  oknum tertentu yang ingin mengadu domba antara sesama penganut agama Islam. ISIS adalah salah satu organisai yang menentang pemerintaan di Suriah, karena menganggap rezim yang ada di Suriah tidak menganut nilai-nilai Islam dimana mayoritas penduduk disana adalah Islam, padahal sebetulnya ISIS sendiri adalah organisasi yang menerima bantuan dari AS. Sehingga ada pendapat kuat bahwa ISIS adalah sekutu AS untuk mempermudah mengusai jalur minya AS. Hingga sekarang, suriah adalah negara paling kelam yang pernah ada.
Nah... dari sejarah dan peristiwa konflik yang terjadi di Timur Tengah ini, kita dapat mengambil nilai-nilai kemanusiaan dan kemanusiaan yang penting bagi diri kita atau bahkan lebih dari itu yaitu untuk terus dapat mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kini, suriah menjadi negara paling kelam di dunia, sudah lebih dari 70.000 jiwa melayang hanya untuk memuaskan perut para penguasa dan partai politik. Kita tidak ingin Indonesia seperti itu bukan?.

Apakah kalian rela memuaskan nafsu politik dan pendapat kalian, tapi mengorbankan senyum dan semangat dari generasi muda penerus bangsa? , apakah kalian rela mengorbankan  mereka yang semangat sekolah, berolahraga dan berkarya untuk memajukan bangsa hanya untuk memenangkan pendapat kalian dan partai politik kalian ? . Mimin rasa sobat watek akan lebih memiliki persatuan bangsa dan toleransi serta saling menghargai.


Sejarah begitu penting sobat, dengan sejarah di masa lalu, kita senantiasa mengintrospeksi diri kita, menjadikan diri kita lebih baik dari hari kemarin . Karena itulah, mimin saranin ke sobat watek, bacalah sejarah atau peristiwa di masa lalu, agar sobat watek memiliki kemampuan sosial yang baik dan selalu menjadi lebih baik lagi dalam tiap waktunya.

Presiden sukarno pernah berkata , "Perjuangan saya lebih mudah, karena saya melawan penjajah, Perjuangan kalian akan lebih sulit, karena melawan saudara sendiri" . Kata-kata itu tidak lah terlalu dihiraukan pada masa-masa sukarno, namun hal itu dapat kita rasakan sob. Pada masa ini, banyak saja saudara kita yang menginginkan hal-hal untuk memuaskan kepentingan pribadi/partai dengan mengorbankan kepentingan kelompok/umum. Jaman sekarang ada saja mereka yang ingin mndirikan negara khilafah dan lain sebagainya, jaman sekarang korupsi semakin sulit untuk dicium, jaman sekarang tindak kriminal makin merambah dimana-mana. Hal itu benar-benar menjadi ancaman sekaligus kesedihan bagi kita, karena kita akan memerangi kejahatan dan kebodohan sedangkan pelaku kejahatan tersebut adalah saudara sesama bangsa kita sendiri.

Sobat watek, semoga Indonesia akan selalu jaya dan jauh lebih berjaya lagi, rakyat nya makmur, cerdas, dan berahlak mulia. Jadi, jika kita tidak mengoreksi kesalahan-kesalahan dari sejarah yang ada, maka bagaimana kita bisa menjadi lebih baik, lebih maju, lebih makmur dari hari kemarin.

Sekian dulu postingan saya ya sobat watek 

Terima banyak telah berkunjung di Blog Wawasan Dan Teknologi

Jangan lupa yaa, Share dan Subscribe Blog mimin yaa...  biar orang lain dapat wawasan dari mimin, dan kalian gak ketinggalan informasi terbaru dari mimin..

Sampai Jumpa... 
PENTINGNYA MENGENAL SEJARAH PENTINGNYA MENGENAL SEJARAH Reviewed by IR MUHAMMAD ALWI on December 07, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.