WAWASAN DAN TEKNOLOGI

GIMANA SIH CARANYA MERAWAT KESEHATAN SEHARI-HARI

Halo sobat watek ..  gimana kabar nya nih?? , semoga dalam keadaan sehat dan bahagia ya sob..
Kembali lagi dengan mimin, di blok wawatekno, tempat kalian menemukan informasi menarik, dan pastinya mengedukasi kalian dengan wawasan. 
Sebelum kita masuk ke pembahasan, subscribe blog wawatekno ya sob, biar kalian gak ketinggalan informasi dan wawasan menarik lainnya. Okee.. langsung aja Check It Out..

Siapa sih didunia ini yang tidak menginginkan hidupnya selalu dalam kesehatan?? , pastinya semua orang bakalan ingin hidup selalu sehat. Nah , di postingan mimin kali ini, mimin mau berbagi informasi dan tips dari mimin, supaya sobat watek semuanya selalu diberikan kesehatan.

#1 Makanlah Makanan Yang Seimbang


Ingat pepatah mengatakan, "Dirimu itu tergantung apa yang kamu makan" atau ada istilah orang teknik mengatakan "kendaran super cepat dan canggih, hanya menggunakan pelumas berkualitas agar selalu dalam performa terbaiknya".

Nah begitu pula manusia sob.. kinerja yang kita berikan dalam setiap pekerjaan, bergantung dari kesehatan kita, baik kesehatan fisik dan mental, dan  cara untuk merawat dan menjaga kesehatan yang paling utama adalah makanlah makanan yang seimbang.

Bangsa Indonesia adalah negara tropis, sangat mudah sekali bagi warga Indonesia seharusnya untuk mendapatkan makanan atau nutrisi yang seimbang. Apa saja ada di negeri ini, mulai dari aneka jenis Karbohidrat, Mineral, Kalsium, Vitamin, dan Protein. Bayangkan saja dari jenis karbohidrat di Indonesia ada umbi-umbian, jagung, beras, dan lain sebagainya. Mineral dan Vitamin, di Indonesia ada kacang-kacangan, buah-buahan dan sayur-sayuran. Protein dan Kalsium ada susu, ikan, ayam, sapi, dan berbagai daging lainnya.

Jadi, ayo sobat watek, sebagai penerus generasi bangsa, kita tingkatkan kinerja kita, usaha kita , dengan pertama-tama salah satunya makanlah nutrisi yang seimbang. Hindari makanan yang hanya cenderung mempunyai satu nutrisi aja sob, itu tidak baik, contohnya mie goreng apalagi kalau ditambah dengan nasi ,astaga... itu mie udah karbohidrat ditambah lagi karbohidratnya pakai nasi, gimana gak jadi gemuk dan kena diabetes wkwkk...

Jadi, sobat watek, ayo kita ubah kebiasaan makan kita, usahakan makanlah makanan yang seimbang nutrisinya, agar metabolisme tubuh kita selalu baik dan sehat, kalau kita dalam kondisi sehat, kita pasti akan mudah dalam menghasilkan banyak karya.


#2 Minum Air Putih Yang Cukup


Dengan sobat watek minum air dengan cukup, maka metabolisme tubuh sobat bakalan lancar. Manfaat dari minum air putih bagi tubuh adalah dapat memperlancar pencernaan, menghihdrasi tubuh dan mencegah dari dehidrasi, melindungi syaraf dan jaringan tubuh dan mendukung kerja otot dan sendi. Serta hindari minum softdrink ya sobat watek, karena softdrink memiliki kandungan gula dan soda yang apabila dikonsumsi cukup banyak maka akan mempengaruhi peredaran darah

"Memang softdrink memiliki rasa-rasa yang enak dan lebih memberikan kesegaran apabila diminum ketika dingin, tapi ingat sobat watek... resiko jangka panjang yang ditimbulkan dari banyak meminum softdrink adalah diabetes, meningkatkan kerusakan jaringan otak, dan meningkatkan resiko gagal ginjal."

Penelitian yang dilakukan oleh badan makanan dan gizi yang dimiliki oleh dewan riset makanan dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa "konsumsi air yang sesuai untuk orang dewasa adalah 2,5 liter perhari atau setara dengan 8 gelas atau lebih". Hal itu bisa berbeda-beda jumlahnya tergantung dari kondisi cuaca tiap-tiap daerah, dan kondisi pekerjaan yang dilakukan oleh masing-masing orang sobat watek. Apabila sobat watek seorang olahragawan atau olahragawati yang seringkali melakukan aktifitas-aktifitas berat, maka kebutuhan minum air sobat watek harus lebih ditambah lagi dibandingkan jumlah konsumsi minum air orang-orang pada umumnya.


#3 Berolahragalah Setiap Hari

Siapa nih dari sobat watek yang suka males buat olahraga?? :) , kalo bisa dikurangin ya sob.... . Tahukah kamu, olahraga cuma 15 menit dalam sehari banyak membawa manfaat lho sob. antara lain :

  • Dapat membuat tubuh jadi ideal
    siapa nih, yang pingin punya tubuh ideal?? . cara nya gak sulit kok sob, kalian cuma butuh 15 menit saja olahraga stretching atau pemanasan, push up, sit up, dan lari ditempat. dengan 15 menit saja kalian olahraga, itu udah bisa membakar kalori dan lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, dan memperkuat massa otot. Tentunya jika sobat watek pengen punya massa otot yang besar dan pertumbuhan ototnya cepat ,konsumsi nutrisi yang tinggi protein seperti telur, daging dada ayam, ikan salmon, brokoli, dan juga susu.
  • Menyehatkan jantung
    Ketika kita berolahraga minimal 15 menit sehari .itu akan memperlancar peredaran darah dari jantung menuju seluruh tubuh maupun peredaran darah pendek sobat. Kesehatan jantung sangat dibutuhkan bagi otah, bagi otot , dan juga seluruh sistem jaringan diseluruh tubuh.
  • Mengurangi resiko terkena penyakit diabetes dan kelesterol
    sobat watek, diabetes dan kolerterol merupakan penyakit umum yang sering diderita oleh warga Indonesia. Dengan sobat watek rutin melakukan olahraga selama 15 menit tiap harinya, sobat watek udah mengurangi resiko terkena penyakit diabetes. Kenapa di Indonesia memiliki angka pengidap diabetes dan kolesterol yang masih tinggi, itu karena kesadaran untuk berolahraga warga Indonesia yang masih kurang sob.


#4 Beribadahlah menurut kepercayaan masing-masing

Salah satu penopang dan pendukung kesehatan manusia adalah dari sisi jiwa, karena manusia tidak hanya dikaruniai oleh badan saja, tapi juga jiwa. Nah, terkadang kesehatan jiwa juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik lho sobat watek. Coba sobat watek bayangkan, kalo saja sobat watek dalam seharian stress, maka sobat watek bakalan malas untuk menjaga asupan makanan dan minuman, apalagi untuk berolahraga, pasti juga malas.

Nah, beribadah menurut keyakinan masing-masing merupakan salah satu jalan utama untuk menjaga kesehatan mental dan jiwa kita sob. Peneliti menemukan bahwa orang yang baik ibadahnya menurut keyakinan mereka sendiri, memiliki tingkat stress dan penyakit yang rendah, dibandingkan dengan mereka yang tidak baik atau kurang dalam beribadah. Jadi, saran mimin nih, ibadah lah yang baik menurut keyakinan sobat watek masing-masing.


#5 Positif Thinking


Selain dengan beribadah, untuk menjaga kesehatan jiwa, cukup dengan positif thinking aja sob. Coba deh mulai sekarang sobat watek membiasakan diri dengan berpositif thinking di tiap paginya, pasti kerja dan semangat sobat watek akan lebih bertambah lagi dari sebelumnya. Pakar dari Australia menyebutkan bahwa, orang yang mengawali hari dengan negatif thinking atau disisipi dengan pikiran negatif, dia memiliki stamina dan energi dalam tubuh lebih rendah dibandingkan dengan orang yang memiliki positif thinking di pagi harinya.

Jadi,sekian dulu postingan mimin tentang Gimana Sih Caranya Merawat Kesehatan , jangan lupa yaa beri saran atau komentar buat mimin agar mimin selalu dapat meningkatkan kualitas dari postingan mimin.
Jangan lupa share dan subscribe agar orang lain dapat tahu info menarik dan wawasan berfaedah dari mimin.. 

salam hebat sobat watek!!

GIMANA SIH CARANYA MERAWAT KESEHATAN SEHARI-HARI GIMANA SIH CARANYA MERAWAT KESEHATAN SEHARI-HARI Reviewed by IR MUHAMMAD ALWI on December 05, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.